bookinglombok.com

Obyek Wisata di Lombok

Liburan ke Lombok ? jangan lupa bawa contekan berikut, tempat tempat yang wajib anda kunjungi bersama keluarga atau teman di Lombok, tempat eksotis di lombok yang tak kalah dengan tetangganya di Bali.
Semua obyek wisata memiliki kelebihan dan ciri khas tersendiri , berikut di antaranya :

1. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak, merupakan sebuah danau yang terbentuk di Kaldera Gunung Rinjani yang berketinggian 3775 m di atas permukaan laut.
Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri bendatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan ke indahan Danau tsb.

Danau Segara Anak yang luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m dan Topografinya 2.010 mdpl, di Danau tsb banyak sekali ikan. Banyak orang datang ke sana bukan saja menyakisikan ke indahan Alamnya tapi juga sekaligus mancing.

Di tengah-tengah Danau tsb terbentuk Kerucut Baru yang di namakan Gunung Baru Jari (“gunung baru jadi”, dalam bahasa sasak) yang tingginya 2.376 mdpl. Gunung ini meletus terahir 2004 7 tahun yang silam.

2. 3 Gili
gili-trawangan-tour

Sebenarnya tidak hanya 3 gili (pulau kecil) ini saja yang terdapat di Pulau Lombok, masih banyak gili-gili lain yang mengitari Pulau Lombok, namun memang 3 Gili inilah yang namanya meroket hingga mancanegara. 3 Gili ini hampir tiap harinya tidak pernah sepi wisatawan, baik mancanegara, maupun domestik.

3 Gili ini terkenal dengan sebutan “3NP, no pollution, no police, no policy” (LOL). Di Gili ini kendaraan bermotor dilarang masuk demi menjaga kelestarian udara di sekitar pulau agar tetap fresh.Kendaraan yang tersedia antara lain seperti sepeda, cidomo (kereta kuda), dan sepatu/sendal (jalan kaki maksudnya). Akses ke Pulau ini, kira2 15 menit dari Pantai Senggigi, kemudian menggunakan perahu dari bangsal menuju Gili,

3. Pantai Kuta
kuta-lombok
Ada Kuta di Lombok ?Serius ?? apa mirip pantai Kuta di Bali ?
Pantai Kuta di Lombok tak kalah indahnya.
Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.

4. Pantai Surga
“Surga Dunia” adalah kata yang menurut ane paling cocok untuk nih pantai. Pantai Surga berada di wilayah Lombok Timur bagian selatan tepatnya Jerowaru, sekitar 50km dari kota Selong. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan pantainya yang bersih dan berpasir putih, maka tidak heran pantai ini dinamakan pantai surga. Bagi yang menyukai olahraga Surfing pantai ini adalah salah satu pilihannya. Selain pantai surga masih ada sejumlah pantai di Wilayah selatan yang sangat indah, seperti pantai heaven on planet, pantai kaliantan, cemara, Teluk Ekas dengan daya tarik budidaya perikanan lautnya, disebut sebagai kawasan Gili indah.

5. Pantai Cemara
Pantai Cemara terletak di Lombok Timur, letaknya di antara Pantai Surga dan Tanjung Ringgit. Banyak dari orang-orang Lombok kebanyakan masih belum mengenal tempat ini, mungkin karena tempatnya yang cukup terpencil dan akses menuju tempat ini lumayan sulit menjadi alasan banyak orang-orang Lombok sendiri tidak mengetahuinya, apalagi dari luar Pulau Lombok.

Pantai Cemara memiliki pasir putih, seperti tepung terigu yang terhampar luas. Jika agan-agan pingin ngeliat Samudra Hindia secara langsung, agan-agan bisa sewa boat dari pantai menyeberang kira-kira 10 menit ke pulau seberang pantai, dan disana ane yakin mata agan akan terbelanga melihat Samudra Hindia yang biru dengan karang-karang laut yang terukir indah.

6.Pantai Senggigi
pantai-senggigi-lombok

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan.

7.Taman Narmada
taman-narmada1
Taman Narmada ini terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Tengah, letaknya sekitar 10 kilometer dari Kota Mataram dan menyajikan pemandangan yang begitu menarik, jika dilihat Taman Narmada ini memiliki kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung Karangasem yang ada di Bali.
Taman Narmada ini dulunya didirikan oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan Raja Kerajaan Karangasem, tak heran jika bangunan dan kolamnya memiliki kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung, Karangasem, Bali. Raja Anak Agung Ngurah Karangasem mendirikan taman narmada ini dengan bertujuan untuk melakukan upacara Pakelem, sebuah upacara yang dilakukan saat bulan purnama kelima ditahun caka atau dalam bulan masehi yaitu bulan Oktober – November.
Wisata Taman Narmada Lombok ini terdiri dari taman, kolam, dan juga mata air yang memang asli berasal dari gunung rinjani, masyarakat menamai mata air tersebut sebagai mata air awet muda. Taman Narmada ini juga dulunya digunakan sebagai tempat beristirahat oleh para keluarga kerajaan, karena memang udara di Taman ini sejuk, dan segar mengingat cuaca di lombok cukup panas. Untuk itu juga didirikan beberapa ‘sekepat’ di Taman Narmada ini.

8.Banyumulek
Salah satu desa yang terkenal di pulau Lombok karena kerajinan ini adalah Desa Banyumulek, dimana sebagian besar penduduknya berprofesi menjadi pengrajin Gerabah. Profesi ini sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang mereka.

Saat ini gerabah Banyumulek dan Lombok secara umum telah menembus pasar dunia dengan 28 negara tujuan ekspor. Beberapa di antaranya adalah Amerika, Belanda, Italia, New Zealand, Spanyol, Norway, Denmark, Malaysia dll. Pada tahun 2002, nilai ekspor gerabah Banyumulek Lombok tercatat sekitar 1,116 juta dollar Amerika.

Kawasan Banyumulek_dalam bahasa sasak berarti jernih, memang dikenal sebagai wilayah dengan kwalitas tanah lempung nomor satu di Pulau Lombok. Jadi  tak aneh jika pengrajin gerabah banyak muncul di desa ini dan akhirnya ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai sentra industri gerabah unggulan NTB.

Awalnya, pengrajin membuat gerabah cuma untuk keperluan rumah tangga atau perabot dapur sesuai asal muasalnya dalam legenda Dewi Anjani tadi. Tapi seiring dengan perkembangan dan pergeseran zaman, desain, fungsi dan nilai komersil gerabah pun turut bergeser. Nah beebers, dewasa ini hampir 80% sampai 90% hasil kerajinan gerabah berfungsi sebagai dekorasi atau barang seni ketimbang barang fungsional.
Yang menarik dari gerabah Banyumulek itu cara pembuatannya yang masih tetap mempertahankan teknik pembakaran tradisional, yaitu dengan menggunakan jerami dan kayu bakar.
Untuk yang tertarik untuk membeli atau sekedar melihat-lihat produk dan proses pembuatannya, beebers bisa datang langsung ke Desa Banyumulek yang berada di Kacamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Yaaa sekitar 14 km lah dari Kota Mataram.

9.Bukit Malimbu
bukit-malimbu2

Di kawasan bukit Malimbu kita bisa menikmati indahnya pemandangan laut dan pantai dari atas lembah. Tempat ini merupakan surga terutama bagi para fotografer dan pemburu sunset.
Nikmati angle terbaik untuk menikmati Pantai Malimbu, Pantai Satangi, Gunung Agung dan tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno di seberang lautan serta sunset tentunya.
Pantai Malimbu terletak sekitar 5km di sebelah barat dari Pantai Sengigi yang berada dalam jalur menuju Gili Trawangan. Ada 2 stop over tempat singgah untuk menikmati indahnya pantai Malimbu. Stop over yang kedua berjarak sekitar 3km dari yang pertama. Stop over yang disebut dengan Malimbu view ini merupakan sebuah tikungan yang berada di puncak bukit yang langsung menghadap laut, Pantai Malimbu serta Pantai Setangi. Tepi bukit ini merupakan jurang yang cukup dalam, sehingga terdapat pagar yang menyerupai pagar jembatan yang dibangun demi keselamatan pengunjung serta areal parkir yang memadai.

Keindahan pantai Malimbu yang berkarang dan ombak akan terlihat bergulung-gulung indah dari atas. Wisatawan lokal maupun mancanegara berdecak kagum saat berkunjung ke tempat ini. Jika berkunjung dipagi hari, maka pemandangan pantai yang memantulkan cahaya matahari akan terlihat jelas. Pantulannya juga menyebabkan birunya laut Malimbu semakin terang dan menarik.

Namun, waktu berkunjung yang paling ditunggu-tunggu adalah sore hari, sekitar pukul 6 sore. Di waktu ini, ada pemandangan sunset yang tidak kalah dengan sunset di pantai manapun, termasuk Senggigi. Dan tentu saja, di sore hari itu, jumlah pengunjung berada di tingkat tertingginya, sehingga tidak jarang orang sampai rela parkir di bahu jalan.

10.Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan berjarak sekitar 90 menit berkendara dari Mataram, atau sekitar 30 menit berkendara dari BIL (Bandara Internasional Lombok) yang tepatnya pantai ini terletak berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok.

Tidak ada yang menyangkal bahwa Lombok memiliki banyak pantai yang indah dan kerap dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Laut berwarna biru jernih dan hamparan pasir putih dapat ditemukan di Lombok. Namun pantai yang memiliki dua jenis pasir dalam satu tempat, pastilah Tanjung Aan tempatnya. Sepanjang sisi kanan dan kiri Tanjung Aan terdapat bukit-bukit yang menghadang ombak ganas laut selatan sehingga ombak di Tanjung Aan cukup tenang dengan butiran-butiran pasir hasil pecahan coral berbentuk merica yang menghampar luas.

Pantai yang terletak di Lombok bagian selatan ini memiliki tekstur yang sangat unik. Di pantai ini, Anda akan mendapati pasir yang berbentuk seperti butiran merica sampai ke bagian bibir pantai. Kemudian tampak sebuah bukit kecil yang dapat dinaiki oleh para pengunjung. Di balik bukit kecil tersebut, pengunjung tidak akan lagi menemukan pasir dengan bentuk butiran merica lagi melainkan hamparan pasir putih yang sangat halus.

Pada hari biasa pantai ini cukup sepi sehingga kita bisa lebih menikmati keindahan pantai pasir merica. Pantai Tanjung Aan sangatlah sepi dan masih terkesan alami dengan fasilitas yang tersedia di pantai yang juga masih minim. Namun hal inilah yang menjadikan keistimewaan Pantai Tanjung Aan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, suasana tenang dan lingkungan pantai yang alami menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Umumnya, para wisatawan datang ke lokasi ini untuk bermain air, berjemur, memotret atau surfing.

Tanjung Aan memiliki pantai yang bersih, warna laut yang biru dipadu buih ombak-ombak kecil menciptakan pemandangan yang mempesona. Garis pantai sepanjang 1 km dibatasi dengan bukit-bukit hijau membuat pemandangan Tanjung Aan jadi lebih indah dan luas. View yang lebih menarik lagi akan bisa didapatkan apabila naik ke atas bukit. Manakala mengunjungi Tanjung Aan pada sore hari dengan menaiki bukit yang menjorok ke arah laut bisa sambil menikmati senja yang hening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

*